TEORI BASYAR 1

Assalamu’alaikum Wr WB

Allah SWT mempunyai sifat salah satunya adalah AL-Adl, jika dalam bahasa kita disebut Maha Adil. Terkait hal ini pasti menciptakan sesuatu, mensetting sesuatu pasti dalam kondisi adil atau proporsional. Ketika manusia mendapati seuatu dan dalam perspektifnya terlihat tidak adil, maka hal itu disebabkan karena dia adalah manusia. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang pasti memiliki keterbatasan, maka dari itu terkadang manusia menganggap sesuatu itu pas atau tidak pas. Bahkan antara manusia satu dengan yang lainnya memiliki pandangan yang tidak sama. Hal ini terkait banyak faktor dalam kehidupan masing-masing manusia itu sendiri. Antara lain pengalaman hidup, situasi, kondisi, pengetahuan, ilmu, emosi dan lain-lain. Begitu banyaknya faktor yang mempengaruhi pandangan manusia terhadap diri pribadinya sehingga dia dapat menentukan sikap terhadap suatu hal. Dengan keterbatasan yang dimiliki manusia, dengan segala modal anugrah luar biasa yang diberikan Allah, manusia dituntut untuk memilih jawaban yang benar dari setiap ujian kehidupan yang dijalaninya. Itulah Basyar, manusia yang setiap saat harus menjawab ujian-ujian yang dijalaninya. Hidup = Ujian, gag mau diuji jangan hidup hehehehe.

Baik brother-brother sekalian teori basyar kali ini akan membahas mengenai hal dasar dari manusia. Apa sih struktur dari manusia itu sendiri. Struktur apa nih maksudnya anatomi?, Kalau anatomi sih tahunya yang kelihatan aja ya. Detil terperincinya bisa dibaca aja di referensi buku bilologi bab anatomi tubuh manusia hehehe. Kali ini kita akan bahas konsep simpel dari manusia itu sendiri.

Dalam Al-quran, dijelaskan bahwa manusia diciptakan Allah SWT dari tanah, kemudian setelah sempurna dihembuskan kepadanya ruh, maka manusia menjadi hidup. Dari sini mari kita gambarkan struktur awal atau simpelnya dari manuasia.

Basyar adalah manusia secara biologis, yang tercipta dari tanah atau sari pati tanah yang jika diketahui sekarang adalah embrio yang terbentuk akibat pertemuan antara sel sperma dan indung telur. Sedangkan Ruh adalah sesuatu non materi yang ditiupkan oleh sang pencipta kedalam jasad basyar sehingga menyebabkan adanya kehidupan. Dari hal ini dapat kita catat bahwa manusia terdiri dari dua unsur pembentuk yaitu :

  • Basyar atau jasad
  • Ruh

Basyar perlu dicatat kembali oleh para pembaca berasal dari hasil pertemuan sel sperma dan indung telur yang berarti berasal dari sesuatu dari dalam diri manusia . Sedangkan Ruh berasal dari Allah SWT. Dari hal ini dapat kita lihat atau fikirkan bahwa basyar yang berasal dari manusia, dimana manusia sifatnya ada baik dan buruknya ada hitam dan putihnya. Sedangkan ruh bersifat murni dan suci, putih bersih. Maka dari hal tersebut dapat kita simpulkan di dalam diri manusia terdapat potensi putih atau baik dan potensi hitam atau buruk. Dengan begitu kita sebagai manusia tidak usah heran atau bingung bahwa ada orang jahat dan ada orang baik. Terkadang juga yang baik bertingkah jahat atau yg jahat bertingkah baik, karena semua ada potensi di dalam diri manusia. Tergantung manusia itu sendiri mau mengeluarkan potensi baiknya atau potensi buruknya.

Baik para pembaca, di atas adalah penjelasan tentang manusia atau kalau boleh kita buat teori atau konsep sederhana untuk mengerti dan mengetahui siapa dan apa diri manusia sebenarnya. Hal ini kami sebut TEORI BASYAR. Semoga penjelasan awal mengenai teori basyar ini sedikit menambah pengetahuan para pembaca, dan tunggu teori basyar 2 ya.

WA KHOLAQNAKUM AZWAJA = Dan Allah SWT menciptakan sesuatu berpasang-pasangan.

Basyar   =><=     RUH

Baik        =><=     Buruk

Putih     =><=     Hitam

Have a nice day para Pembaca, Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *